Bantuan dengan Cari kursus

Pengabdian kepada Masyarakat yang Bertanggung Jawab

Program Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan kegiatan implementasi nyata hasil kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh sivitas akademika UGM untuk masyarakat.


Etika Klinis dan Laboratorium

Modul ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman mengenai etika penelitian klinis yang menggunakan manusia sebagai peserta penelitian. 


Pengajar: Admin Mepi

Etika Penelitian yang Berhubungan dengan Subjek Manusia untuk Ilmu-Ilmu Alam

Kita adalah masyarakat ilmiah, yang berarti masyarakat yang memandang bahwa pengetahuan dan integritas adalah hal utama. Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan perguruan tinggi yang lebih menekankan pada pengetahuan dan integitas. 

Pengajar: Admin Mepi

Etika Penelitian yang berhubungan dengan Subjek Manusia untuk Ilmu Sosial dan Kemanusiaan

Modul ini bertujuan untuk memberikan pengenalan dan pemahamansecararasional mengenai perlunyaetika penelitian untuk penelitian yang melibatkan subjek manusia pada ilmu sosial dan kemanusiaan.
Pengajar: Admin Mepi

Hewan Sebagai Subjek Penelitian

Kesejahteraan hewan sebagai ilmu pengetahuan maupun sebagai persyaratan dalam penelitian maupun persyaratan yang terkait transaksi perdagangan, semakin diperhitungkan dan dipertimbangkan secara internasional. 

Pengajar: Admin Mepi

Manajemen Pencegahan Radikalisme Kampus

Isu-isu radikalisme saat ini sedang menjadi sorotan menyusul berbagai fakta yang menunjukkan bahwa jumlah pelajar di berbagai jenjang pendidikan yang terpapar ideologi radikalisme di Indonesia cukup besar.

Plagiarisme

Plagiarisme merupakan salah satu dari berbagai bentuk misconduct (pelanggaran/kesalahan) dalam dunia akademik yang sering terjadi. Pelanggaran ini rentan terjadi pada dalam proses pendidikan, antara lain dalam mengembangkan produk ilmu pengetahuan berupa : ide inovasi penelitian, karya ilmiah, modul, dan lain lain.

Konflik Kepentingan

Sesuai dengan arah kebijakan UGM dalam mengembangkan Manajemen Etik dan Penguatan Integritas (MEPI), modul ini disusun untuk menyediakan standar yang dapat digunakan oleh dosen dan tenaga kependidikan UGM dalam mengelola konflik kepentingan yang lazim terjadi di lingkungan kampus.

Konflik Komitmen dan Konflik Nurani

Problem etika dalam Pendidikan Tinggi terlihat pada sejumlah bentuk. Salah satu yang paling umum dan sering terjadi adalah konflik kepentingan (conflicts of interest). Konflik kepentingan memiliki wajah yang tidak tunggal.